APLIKASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK N 1 KECAMATAN LUAK ANDALEH MENGGUNAKAN PHP 1.7.4
APLIKASI
PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK N 1 KECAMATAN LUAK ANDALEH
MENGGUNAKAN
PHP 1.7.4
LAPORAN KERJA PRAKTEK
Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat – Syarat
Dalam Memperoleh gelar Sarjana Teknik
Pada Jurusan Teknik Informatika/ S1
FUJI KURNIAWAN
2012610030
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
segala puji dan syukur bagi Allah SWT,
atas segala kemudahan penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek
ini dengan judul “Aplikasi Pendaftarab Siswa Baru di SMK N 1 Kecamatan Luak Andaleh Menggunakan
PHP 1.7.4”.
Laporan
kuliah kerja praktek lapangan ini disusun dan dikerjakan berdasarkan
pelaksanaan kerja praktek yang telah penulis lakukan di SMKN 1 Kecamatan Luak, pada tanggal 03 Agustus 2015
sampai 03 September 2015. Selama penulisan laporan ini, penulis tidak terlepas
dari bantuan dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak.Untuk itu
melalui tulisan ini penulis ingin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima
kasih yang kepada :
1.
Allah SWT yang
telah berperan Penting dalam penyelesaian pembuatan laporan ini.
2.
Kedua orang Tua
tercinta yang selalu memberikan Do’a dan kasih sayang.
3.
Bapak Rektor
Institut Teknologi Padang.
4.
Dekan Fakultas Teknologi
Industri Institut Teknologi
Padang.
5.
Ketua Jurusan
Teknik Informatika Institut Teknologi Padang.
6.
Bapak Busran MT, M.Komselaku
pembimbing yang telah memberikan bimbingan, motivasi,bantuan serta petunjuk
dalam pembuatan laporan ini.
7.
Ibu Eva Yulianti, M.Sc selaku
pembimbing Akademik (PA) yang telah memberikan bimbingan dan motivasi selama
mengikuti perkuliahan di jurusan Teknik Informatika.
8.
Bapak Drs. H.
Deri Nofia, M.M.Pd, Bapak Drs. Reksa Wirama, Bapak Febrio Yunaidi, M.Kom dan
Ibuk Suherni Hasan, S.Kom dan seluruh karyawan majelis guru SMKN 1 Kecamatan
Luak yang telah menerima dan membantu terselesainya Kerja Praktek ini.
9.
Abang, kakak, adik
serta rekan-rekan TI 012 yang telah
memberi dukungan pada penulis dalam melaksanakan Kerja Praktek.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan dan
penyusunan laporan ini dikarenakan penulis yang masih kurang pengalaman, ilmu
dan pengetahuan. Semoga ini menjadi pengalaman yang berharga bagi penulis dalam
menghadapi persaingan dunia kerja.
Wassalamua’alaikum, Wr. Wb.
Padang, Agustus 2015
FUJI KURNIAWAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, perkembangan teknologi
semakin hari semakin meningkat dan
pembangunan dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat seiring
dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan
agar lebih berdaya guna sehingga sumber daya manusia yang diciptakan dapat ikut
berpartisipasi dalam meningkatnya kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu
menyebabkan manusia terus berusaha untuk menemukan sesuatu yang baru, sesuatu
yang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan banyak hal secara cepat dan efisien
terutama dalam bidang pengolahan data dan informasi.
SMK N 1 Kecamatan Luak Andaleh
merupakan salah ssatu sekolah yang terletak di Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh
Kota Provinsi Sumatera Barat, dimana sekolah ini masih menggunakan cara yang
manual dalam penerimaan siswa baru, sebagai salah satu sekolah yang
berakreditasi B, untuk mendapatkan siswa yang unggul, berprestasi, dan
berkualitas dalam bidang pendidikan maka proses penerimaan baru harus
dimaksimalkan.
Dilihat dari segi pengolahan data
dan informasi SMK N 1 Kecamatan Luak memanfaatkan sistem komputerisasi, tetapi
hanya dibagian tertentu saja, seperti dalam membuat laporan yang berhubungan
dengan sekolah dan data - data siswa yang masih menggunakan aplikasi Microsoft
Word dan Exel. Sehingga laporan datasiswa tahunan ajaran baru tersebut,
mengakibatkan sering terjadinya kesalahan. Akibatnya informasi yang dihasilkan
dalam bentuk laporan data siswa tahun ajaran tidak jelas, tidak akurat dan
apabila ada data lama yang di butuhkan akan sulit menemukannya kembali karena
belum adanya suatu usaha menjadikan
komputer sebagai media arsip dan belum adanya sistem pengolahan data yang
khusus.
Oleh sebab itu untuk mengatasi
persoalan tersebut maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menangani
pengolahan data penerimaan siswa baru, dengan adanya sistem penerimaan siswa
baru dapat mempermudah kerjaan penitia yang bersangkutan, dengan adanya sistem
penerimaan siswa baru dapat membuat data menjadi akurat, efisient dan efektif.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengangkat masalah ini dalam
laporan kerja praktek yang berjudul “APLIKASI
PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK NEGERI 1 KECAMATAN LUAK MENGGUNAKAN PHP 1.7.4”
Dengan aplikasi ini, penitia
pendaftaran akan menyalin secara langsung data-data yang diberikan oleh calon
siswa baru melalui formulir pendaftaran
kedalam aplikasi tersebut, dan tidak perlu mencatatnya didalam buku registrasi.
Dan aplikasi ini diharapkan bisa
membantu penitia pendaftaran dalam mengolah data calon siswa baru, dan bisa membantu
pihak Tata Usaha dalam mengolah data
siswa baru. Dan juga mempermudah
pencarian data-data siswa yang telah tersimpan dalam aplikasi ini, yaitu
dengan memanggil kode-kode tertentu yang
telah ditetapkan.
1.2
Rumusan Masalah
Sesuai dengan judul yang diambil dalam
laporan ini, maka berdasarkan penelitian yang dilakukan dibuatlah rumusan
masalah yaitu sebagai berikut :
1.
Pendaftaran
siswa baru yang ada saat ini masih dilakukan secara manual dengan
mencatat setiap data calon siswa kedalam buku besar dan
menyimpannya didalam ruangan yaitu berisi dokumen-dokumen lain sekolah sehingga
tercampur, dan itu pun akan memperlambat pencarian data setiap siswa jika data
tersebut diperlukan.
2.
Proses
seleksi calon siswa yang akan diterima pada tahap awal mengalami
kendala yaitu panitia harus mendata kembali setiap calon siswa
beserta Nilai akhir ujiannya lalu dirata-ratakan dengan menggunakan alat hitung
manual yang dapat mengakibatkan kesalahan dalam hasilnya dan didalam laporannya
pun harus mendata kembali siswa yang diterima dan ditolak.
1.3
Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis merasa perlu untuk
membatasi masalah yang akan dibahas agar pada penyusunan laporan ini dapat
lebih terarah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Adapun masalah yang
dibahas dalam laporan ini hanya dibatasi pada :
1.
Pembahasan
yang akan dibahas dalam proses penerimaan siswa baru meliputi
proses pendaftaran dan tahap penyeleksian berdasarkan nilai rapor
saja.
2.
Dalam
proses penerimaan siswa baru ini tidak membahas proses pembayaran uang sekolah,
pembagian kelas,dan lain-lain.
1.4
Tujuan Kerja Praktek
1. Memenuhi matakuliah kerja praktek sebagia salah satu syarat
kelulusan dari Program S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri
Institut Teknologi Padang.
2. Mengetahui bagaimana alur Aplikasi Peneriman Siswa Baru yang telah
berjalan di SMKN 1 Kecamatan Luak.
3. Dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan
dengan kejadian-kejadian dilapangan sebagia objek penerapan teori. Khususnya
menyangkut dengan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru di SMK N 1 Kecamatan Luak.
1.5
Manfaat Kerja Praktek
Diharapkan
dari kerja praktek ini dapat membawa manfaat diantaranya:
1. Dapat
meningkatkan wawasan mahasiswa terhadap kondisi nyata instansi dan dapat menambah kemampuan, serta keyakinan
akan ilmu dan teknologi yang diperoleh dari perkuliahan.
2. Dapat memahami
cara kerja dari penginputan data pada Aplikasi
Penerimaan Siswa Baru di SMKN 1 Kecamatan Luak.
BAB II
PROFILE SMK N 1
KECAMATAN LUAK
SMK Negeri 1 Kecamatan Luak
diproyeksikan untuk menjadi SMK Besar Berstandar Internasional, anak didik
berpraktek diberbagai Instansi baik swasta maupun pemerintah bahkan untuk
Program Study tertentu.
2.1 Sejarah Sekolah
Cikal bakal
berdirinya SMKN 1 Kecamatan Luak adalah atas prakarsa bapak Fasli Jalal yang
meresmikan sanggar kegiatan belajar di Andaleh. Maka sanggar kegiatan belajar
itu menuntun masyarakat dalam kegiatan masak memasak. Kegiatan itu berkembang
menjadi proses belajar mengajar yang muridnya dari nagari-nagari sekeliling
Andaleh. Pada waktu itu, SMK masih bisa dikatakan hanya menumpang di SD 01
Andaleh dengan kepala sekolahnya ibuk DR A. Sesmarni . Maka perkembangan ini
mendapatkan dukungan positif oleh pemerintah nagari Andaleh.
Hal tersebut
membuat pemerintah andaleh mengutus aparatnya untuk menghadap kepala dinas
Kabupaten Limapuluh Kota, maka petunjuk dari Kepala Dinas yaitu menyerahkan
sepenuhnya kepada pemerintah nagari. Pemerintah nagari membentuk panitia
pendirian SMK yang terdiri dari:
Hal
tersebut membuat pemerintah andaleh mengutus aparatnya untuk menghadap kepala
dinas Kabupaten Limapuluh Kota, maka petunjuk dari Kepala Dinas yaitu
menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah nagari. Pemerintah nagari membentuk
panitia pendirian SMK yang terdiri dari:
1. Ketua :Desembri
Chaniago
2.Sekretaris :Dra.
Indrawati
3.Bendahara :Asnimar
S,pd.
Maka panitia berusaha keras mencari
ke nagari-nagari di sekitar Andaleh. Antara lain nagari taram, subarang aia,
batu payung, balai panjang, mungo dan sungai kamuyang.
Pada
waktu itu di SMK tertampung murid sebanyak 17 orang laki-laki dan perempuan.
Pada
tahun kedua peminat SMK ini makin bertambah, sehingga dapat menampung murid 70
orang. Dengan bertambah banyaknya murid yang mendaftar, jadi SMK ini sudah
memiliki murid kelas 1,2 dan 3. Juga terdapat 4 ruangan pada pembangunan
pertama tepatnya pada tahun 2009, yaitunya 3 untuk ruangan belajar dan 1
ruangan majelis guru.
Dan pada tahun-tahun berikutnya, SMK
semakin banyak menampung murid-muridnya. Setiap tahun berjalan, setiap tahun
juga murid-murid SMKnya semakin bertambah.
Tidak hanya murid yang bertambah, fasilitas yang disediakan
pun semakin banyak dan semakin bertambah. Pada tahun 2015 ini, SMKN 1 Kecamatan
Luak ini telah mempunyai 439 siswa dan juga memiliki 1 ruangan kantor majelis
guru, 1 ruangan TU, 1 ruangan kepala sekolah, 1 ruangan wakil kepala sekolah, 4
labor jurusan, 1 ruangan pustaka, 1 gedung mushollah, 18 ruangan belajar siswa,
5 ruangan wc, 1 area lapangan basket dan futsal, 1 area lapangan volly, 1 area
lapangan badminton, 1 area parkir, 1 area lapangan upacara dan juga tersedia 5
area kantin.
Gambar 1.1 kantor sekolah smk
Di
tahun 2015 ini , SMKN 1 Kecamatan Luak ini mempunyai 6 (enam) program study
(prody):
1. Jurusan Multimedia (Akreditasi B )
2. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (Akreditasi
B)
3. Jurusan Tata Busana (Akreditasi B)
4. Jurusan Pemasaran (Akreditasi B)
5. Jurusan Jasa Boga (Belum TerAkreditasi)
6. Jurusan Teknik Sepeda Motor (Belum TerAkreditasi)
2.4 Identiitas Sekolah
1.
ID Data Pokok :
08080220001
2.
NPSN : 10304430
3.
ID UN : 08-10-003
4.
NSS : 401130808005
5.
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Kecamatan
Luak
6.
Status Sekolah : Negeri
7.
Jalan : Jorong
Kapolo Koto Andaleh
8.
Desa :
Andaleh
9.
Kecamatan : Luhak
10. Kab/Kota :
Kabupaten Lima Puluh Kota
11. Provinsi :
Sumatera Barat
12. Kode Pos :
26262
13. Program Keahlian / Jurusan :
1.
Pemasaran
2.
Tata Busana
3.
Teknik Kendaraan
Ringan
4.
Multimedia
5.
Teknik Sepeda
Motor
6.
Jasa Boga
14. SK/Izin Pendirian Dari : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
15. Nomor SK : 477/BLK-2008
16. Tanggal SK : 08-07-2008
17. Akreditasi : B
18. Titik koordinat sekolah : Garis Lintang 0.24457 S, Garis
Bujur 100.68688 T
19. Akses Internet : Ada
20. Katagori Sekolah : Sedang (13 Rombel)
21. Luas Tanah Seluruh : 15230 M²
22. Luas Bangunan : 2350 M²
23. Status Tanah : Hak Milik
24. Penanda Tanganan SK : Bupati
25. Tahun Berdiri :
02 April 2008
26. Status :
Terakreditasi
27. Kepala Sekolah :
Drs. H. Deri Nofia, M.M.Pd
28. NIP :
19631030 199003 1 003
29. Jenis Kelamin :
Laki – Laki
30. Pangkat/golongan :
Pembina / IV A
31. Alamat Rumah :
Jorong Ampah Gadang Kenagarian VII koto Talago
Guguak
32. Nomor HP :
081363342270
Arti makna lambang
SMKN 1 Kecamatan Luak:
1. Segi Lima
-
Arti dari
segilima melambangkan Dasar Negar ( Pancasila ).
2. Warna Hitam, Kuning, Merah
-
Arti dari warna
hitam, kuning, dan merah melambangkan 3 (tiga) tungku sejarangan yaitu 3 (tiga)
Luak :
-
Luak Nan Tuo
-
Luak Agam
-
Luak Nan Bungsu
3. Warna Hijau
-
Arti dari warna
hijau melambangkan SMK N 1 Kecamatan Luak ini di kelilingi oleh kehijauan.
4. Makna semua Warna
-
.Makna semua
warna melambangkan di SMK N 1 Kecamatan Luak ini terdiri dari program keahlian
dan di julukilah dengan sebutan kampus pelangi.
-
Makna dari kampus
pelangi ini termotivasi dari film laskar pelangi.
5. Makna tulisan SMK Negeri 1 Kecamatan Luak dan Lima
Puluh Kota
-
Melambangkan SMK
Negeri 1 Kecamatan Luak terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota.
6. Lambang Mesin
Jahit
-
Melambangkan
program keahlian Tata Busana
7. Lambang Gedung
-
Melambangkan
pusat bisnis program tata niagara bisnis manajemen program kompetensi keahlian
pemasara
8. Lambang Komputer dan Kamera Video
-
Melambangkan
program study teknik informatika dan informasi program kealian multimedia.
9. L;ambang gerigi
-
Melambangkan
program studi keahlian rekayasa program keahlian otomotif
10. Di atas lambang 4 tadi ada buku sedang terbuka dan
dibelakang buku ada lambang bola dunia makna dari buku dan bola dunia yaitu:
-
Melambangkan
dengan berbagai program keahlian lulusan smk n 1 kecamatan luak ini mampu
bersaing di dunia usaha dan industri baik skala dalam negri maupun
internaasional.
11. Padi dan kapas
-
Melambangkan
dengan menuntut ilmu di smk n 1
kecamatan luak. Lulusan itu mampu membuat kesajahteraan baik itu dirinya
sendiri dan bagi masyarakan, dan mampu menciptakan lapangan kerja.
2.2 Visi
dan Misi serta Tujuan Satuan Pendidikan
2.2.1 Visi
Terwujudnya perserta didik yang cerdas, terampil,
kompetitif, beriman dan
bertaqwa.
2.2.2 Misi
-
mewujudkan
kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan,.
-
Mewujudkan
perangkat pembelajaran yyang relevan, lengkap dan mutakhir.
-
Mewujudkan
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
-
Mewujudkan
sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dan relevan.
-
Mewujudkan kegiatan
ekstra kurikuler berdasarkan kebutuhan,potensi, bakat, dan minat peserta
didik.mewujudkan kompetensi kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan, potensi
bakat dan minat peserta didik.
-
Mewujudkan
kerjasama dengan pihak dunia usaha / dunia industri (DU/DI)
-
Mewujudkan
kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan , serta peserta didik menguasai
bahasa inggris dan teknologi informasi.
-
Mewujudkan warga
dan lingkungan sekolah yang sehat.
-
Mewujudkan
kegiatan keagamaan di sekolah.
-
Mewujudkan nilai
agama dalam kehidupan sehari - hari bagi pendidik, tenaga kependidikan dan
peserta didik.
2.2.3 Tujuan
-
Menyiapkan
peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu berkerja mandiri, mengisi
lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga
tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilih
-
Menyiapkan
peserta didik agar mampu memlih karier, ulet dan gigih dalam berkopetensi,
beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam
bidang keahlian yang diminatinya.
Gambar 1.3 Struktur Organisasi
2.3.1
Deskripsi Kerja
Adapun beberapa deskripsi
tugas dari struktur organisasi yang terlibat dalam penerimaan siswa baru yaitu
:
1. Kepala
Sekolah Tugasnya yaitu :
a.
Mengelola proses belajar mengajar
b.
Mengelola manajemen sekolah
c.
Mengelola administrasi sekolah
2. Tata
Usaha
Tugasnya yaitu menyusun
seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan administrasi sekolah.
3.
Wakasek kurikulum Tugasnya yaitu :
a.
Menyusun program pengajaran
b.
Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal belajar
c.
Menyusun kalender akademik
d.
Menetapkan criteria kenaikan dan kelulusan
4.
Wakasek sarana Tugasnya yaitu :
a.
Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
b.
Memantau kondisi nyata sarana prasarana
c.
Menyusun program kegiatan
5. Wakasek kesiswaan Tugasnya yaitu :
a. Menyusun program pembinaan kesiswaan
b.
Mengkoordinasi kegiatan ekstrakulikuler
c.
Melaksanakan seleksi calon siswa teladan penerima beasiswa
6. Wakasek kesiswaan Tugasnya yaitu :
a. Menyusun program hubungan kemasyarakatan
b.
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan eksternal sekolah
c.
Mengatur penyelenggaraan rapat
7. Guru
KA. Prog Jurusan Tugasnya yaitu :
a.
Menyusun program dan penjadwalan pengelolaan kelas
b.
Menyelenggarakan administrasi kelas
c.
Penanggung jawab di kelas
BAB III
LANDASAN TEORI
3.1 Konsep Dasar Perancangan Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (software application) adalah suatu
subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung
untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan
dengan perangkat lunak sistem yang mengintergrasikan berbagai kemampuan
komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk
mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak
aplikasi adalah pengolah data, lembaran kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama
menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office org, yang
menggabungkan suatu aplikasi pengolahan data, lembar kerja, serta beberapa
aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki
antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkkan pengguna untuk
memperlajari dan menggunakan tiap aplikasi, sering kali mereka memilikii
kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan
pengguna. Contohnya, suatu lembar erja dapat dibennamkan dalam suatu dokumen
pengolahan data walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Aplikasi dapat digolongkan menjadi
beberapa kelas, antara lain:
1.
Perangkat lunak
perusahaan (enterprise)
2.
Perangkat lunak
informasi kerja
3.
Perangkat lunak
infrastruktur perusahaan
4.
Perangkat lunak
media dan hiburan
5.
Perangkat lunak
pendidikan
6.
Perangkat lunak
pengembangan media
7.
Perangkat lunak
rekayasa produk
Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah
alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang
dimilikinya, aplikasi merupakan suatu perangkat komputer yang siap pakai bagi
user.
3.2 Definisi Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru adalah
menerima siswa baru dengan melakukan pendaftaran dan persyaratan yang telah di
beritahukan oleh lembaga pendidikan dan untuk memberikan pendidikan kepada
masyarakat dalam rangka memperoleh hak-hak sebagai warga Negara (Jaelani,
2011:31).
3.2.2 Definisi
Siswa
Siswa atau peserta didik adalah
anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses
pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu,
mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti
pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, dengan tujuan untuk menjadi
manusia yang berilmu pengetahuan, berketerampilan,berpengalaman,
berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri (Prasetyo, dkk, 2013:7).
Berdasarkan pengertian di atas,
dapat disimpulkan bahwa siswa adalah sekelompok orang dengan usia tertentu yang
secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti proses
pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
3.2.3 Definisi Siswa Baru
Siswa baru adalah calon siswa yang
akan masuk ke sebuah lembaga utamnya adalah belajar dalam memasuki lingkungan
baru dengan melakukan pendaftaran yaitu dengan cara melakukan pengisian
formulir pendaftaran dan pengisisan data serta melakukan pembayaran registrasi
siswa baru (Jaelani, 2006:36).
3.3 Definisi Database
Menurut
Mustakini, Basis data (database)
adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya tersimpan
di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk
memanipulasinya.
Dari definisi di atas terdapat tiga
hal yang berhubungan dengan basis data (database), yaitu sebagai berikut :
1.
Mengembangkan ilmu penegetahuan dan teknologi, seni
serta budaya yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pada
zamanya.
2.
Membangun kesadaran keilmuan dan tradisi akademik yang
kuat dan mengakar.
3.
Membangun kesadaran keilmuan dan tradisi akademik yang
kuat dan mengakar.
4.
Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk
basis data (database).
5.
Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data
tersebut. Simpanan ini merupakan bagian teknologi perangkat keras yang
digunakan di sistem informasi. Simpanan permanen yang umumnya digunakan berupa
hard disk.
6.
Perangkat lunak untuk memanipulasi basis datanya.
Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahas pemrograman
komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak ini
disebut dengan DBMS (Data Base Management System).
3.3.1 Istilah-Istilah Database
Beberapa terminology dalam database diantara
lain :
1.
Basis data (Database) adalah Sekumpulan data yang
saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
2.
Data adalah fakta-fakta yang dapat disimpan dan
mempunyai arti tertentu.
3.
Tabel adalah Tempat untuk menyimpan data, tabel
terdiri dari field dan record
4.
Field biasa disebut juga dengan kolom, yaitu bagian
tabel tempat menyimpan sebuah item data
5.
Record biasa disebut juga dengan baris, yaitu satu
bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan
disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom / field.
Input Data dapat dikelompokkan
menjadi 3, antara Data master meliputi : data pencari kerja, dan data
lowongan kerja.
1.
Data transaksi meliputi : penempatan tenaga
kerja, status pencaker, status lowongan kerja, rekapitulasi ke IPK kab/ kota
dan rekapitulasi ke IPK provinsi.
2.
Table referensi meliputi : table-tabel pendukung
untuk data master dan transaksi
3.3.2 Rancanagan Database
Rancangan database adalah sebagai
kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi
sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan
independence
3.3.3 Desain Database
Desain database Dibuata setelah melakuka analisa
terhadap data yang ada pada penerimaan mahasisiwa baru sebagai objek prototype
program sisite data warehouse dan data maining sebagai tool pengukur kinerja.
3.4 Pengertian XAMPP
XAMPP
merupakan paket yang berbasis Open Source yang dikembangkan oleh sebuah
komunitas Open Source. Dengan menggunakan XAMPP tidak perlu melakukan
penginstalan program-program yang lain, karena semua kebutuhan telah disediakan
oleh XAMPP. Berikut ini versi XAMPP yang terdiri dari yaitu :
-
Apache 2..2.14 (IPv6 enambled) + openSSL 0.9.18
-
MySQL 5.1.41 +
PBXT engine
-
PHP 5.3.1
-
phpMyAdmin 3.2.4
-
Perl 5.10.1
-
FileZilla FTP Server 0.9.33
-
Marcury mail
Transport System 4.72
3.4.1
Apache
sudah berkembang
sejak versi pertamanya. Sampai saat ditulisnya artikel ini versi terkahir yang ada yaitu Apache ver 2.2.41 Apache bersifat open source,
artinya setiap orang boleh
menggunakannya, mengambil dan bahkan
mengubah kode programnya. Tugas utama Apache
adalah menghasilkan halamn web yang benar kepada peminta, berdasarkan
kode PHP yang ditulikan oleh pembuat
halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka
dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk
mendukung halaman web yang dihasilkan.
3.4.2
MySQL
Perkembangan
disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL
merupakan bahasa tertruktur yang khusus digunakan untuk mengolah database. SQL
pertama kali didefinisikan oleh Amerika National Standards Institute (ANSI)
pada tahun 1986. MySQl adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat
open source . MySQL adalah pasangan serasi dari PHP. MySQL dibuat untuk membuat
dan mengolah database berserta isinya kita dapat memanfaatkan MySQL untuk
menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL
merupakan sistem menajemen database yang bersifat at relational. Artinya data – data yang dikelola dalam database akan
diletakkan pada beberapa tabel yang
terpisah sehingga menipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat.
MySQL dapat digunakan untuk mengolah
database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga
dapat menjalankanperintah – perintah
Structured Query Language (SQL) untuk mengolah database yang ada
didalamnya. Hingga kini, MySQL sudah
berkembang hingga versi 5. MySQL 5 mendukung trigger untuk memudahkan
pengolahan tabel dalam database.
3.4.3
PHP
Bahasa pemograman PHP merupakan bahasa
pemograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP
memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. PHP dapat dijalankan pada
berbagai macam Operating System (OS) misalnya Windows, Linuk dan Mac OS. Selain
Apache, PHP mendukung beberapa web server lain, misalnya Microsoft Acces,
Interbase, d-Base, PostgreSQL dan
sebagainya, hingga kini PHP sudah
berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh Object Oriented Programing (OOP), integrasi
XML, mendukung ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP
dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan
lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan web server lainnya PHP juga bersifat open source sehingga semua orang dapat
menggunakan dengan gratis.
3.4.4
phpMyAdmin
pengolahan database denganMySQL harus dilakukan dengan mengetikkan barisan –
barisan perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika
anda ingin membuat database, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat
database. Jika kita ingin menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai
untuk menghapus tabel.hal tersebut tentu
cukup menyulitkan karena kita harus hafal dan mengetikkannya perintahnya
satu persatu. Banyak sekali prangkat lunak yang bisa dimanfaatkan untuk
mengolah database dalam MySQL , salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan
phpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah
tampa harus hafal perintahnya. Untuk mengaktifkan phpMyAdmin langkah-langkahnya
adalah : yang pertama setelah XAMPP kita terinstall, kita harus mengaktifkan
web server Apache dan MySQL dari control panel
XAMPP. Yang kedua, jalankan
browser kesayangan Anda(IE, Mozilla Firefox atau Opera). Lalu
ketikkan alamat web berikut http://localhost/phpMyAdmin/ pada address bar lalu tekan Enter. Langkah ketiga
apabila telah nampak interface
(tampilan antar muka) phpMyAdmin anda bisa memulainya dengan
mengetikkan nama database, nama tabel, dan seterusnya.
3.5 Pengertian Adobe Dreamweaver CS3
Adobe Dreamweaver adalah program yang
digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software Dreamweaver
dikeluarkan oleh Adobe System. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para
pemogrammer, desainer dan developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya,
kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini.
Adobe Dreamweaver menyediakan fitur
editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya
disebut DesignView. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan
sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web.
Dengan segala fitur yang ada pada Adobe
Dreamweaver, membuat suatu web bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu menguasai
berbagai macam bahasa pemograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan
sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena alat otomatis.
Selain itu, aplikasi ini juga
menyediakan 3 macam tampilan yaitu, Code View, Design View dan Split View. Code
View cocok untuk para programmer yang biasa dengan kode kode programman web.
Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual.
Jika memilih Split View.
Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai
macam kegunaan yaitu :
Ø Untuk mendesain situs web
Ø Untuk membuat program berbasis web
Ø Untuk membuat templeat blog
Ø Untuk membuat situs web tampa bersentuhan langsung
dengan bahasa pemograman.
3.5.1
Sejarah Adobe Dreammever
Dahulunya, program ini bernama
Macromedia Dreamweaver. Versi pertamanya dirilis pada Desember 1997 dengan nama
Macromedia Dreamweaver 1.0 untuk sistem operasi Mac. Kemudian pada maret 1998,
muncul versi pertama untuk sistem operasi windows yaitu Macromedia Dreamweaver
1.2.
Mecromedia Dreamweaver terus berkembang
sampai dengan tahun 2005 dengan versi terbarunya yaitu Mecromedia Dreamweaver
8. Kemudian Dreamweaver diambil ahli oleh Adobe System sehingga namanya berubah
menjadi Adobe Dreamweaver. Pada tahun 16 April 2007, Dreamweaver mengeluarkan
versi terbarunya denga nama Adobe Dreamweaver CS3.
Dengan hadirnya HTML5, dreamweaver
kembali merilis versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS5.5 sedangkan
sekarang ini, versi terakhir Dreamweaver adalah Dramweaver CC yang dirilis pada
21 April 2012.
3.5.2
Kelebihan Adobe Dreamweaver
Dreamweaver
memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dreamweaver:
Ø Dapat membuat karangka website dengan mudah dan
cepat
Ø Tersedia berbagai macam tema/ templeat memiliki 3
tampilan yaitu Code View, Design View, dan Split View
Ø Memiliki Fitur Preview/Live View
Ø Kode yang dihasilkan ditulis dengan rapi
Ø Memiliki alat alat khusus untuk membuat program
berbasis web
Ø Mudah dioperasikan oleh pemula
Ø Memiliki banyak plugin
3.5.3
Kekuarangan Adobe Dreamweaver
Selain memiliki kelebihan. Dreamweaver
juga memiliki kerugian. Berikut ini kekurangan dreamweaver Harga software
original-nya mahal
3.6 Pengertian PHP (Personal Home Page)
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks
yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang
dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. Dalam hal pembuatan aplikasi
berbasiskan web ini PHP merupakan bahasa pemogramannya dan HTML atau WML sebagai
pembangun halaman webnya.
3.6.1
Fungsi PHP
Dalam Pemograman Web
Untuk membuat halaman web,
sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja
membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML
(dan CSS) ini dikenalkan dengan website statis, dimana konten dan halaman web
bersifat tetap.
Sebagai perbandingan, website dinamis yang bisa dibuat menggunakan
PHP adalah situs web yang bisa menyusuaikan tampilan konten tergantung situasi.
Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman
yang berubah-ubah sesuai input dari user,memproses
from,dll.
Untuk pembuatan web, kode PHP
biasanya disisipkan kedalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga
sebagai Scripting Language atau
bahasa pemograman script.
3.6.2
Sejarah PHP
Pada awalnya PHP
merupakan kependekan dari Personal
Home Page (Situs personal).
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus
Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP
masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan
skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.
Selanjutnya
Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan
kode sumber ini menjadi sumber
terbuka, maka banyakpemrogram yang
tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November
1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam
program C. Dalam rilis ini
disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara
signifikan.
Pada tahun 1997,
sebuah perusahaan bernama Zend menulis
ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat.
Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP
dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim
berulang PHP:
Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan
tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah
versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak
dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi
tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0.
Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini
juga memasukkan model pemrograman berorientasi objekke
dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma
berorientasi objek.
Versi terbaru
dari bahasa pemograman PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi dirilis pada tanggal
18 Desember 2014.
3.6.3
Dasar
Pemrograman PHP
Scrip php disimpan sebagai plain text
dalam format ASCII, yang memungkin scrip PHP dapat di tulis di hampir semua
editor text, seperti: notepad, wordpad, dan lain-lain. Scrip PHP adalah kode
yang disertakan di sebuah HTML dan kode tersebut di jalankan oleh server yang
akan dieksekusi sebelum dikirim ke browser.
Contoh file PHP (contoh.php):
<hrml>
<?
Print(“PHP Terpasang dalam HTML”);
?>
</html>
Pada file .html, HTTP server hanya
melewatkan content dari file menuju
ke browser. Server tidak mencoba mengerti atau memroses file karena itu adalah
tugas sebuah browser untuk melakukan kompilasi hasil program.
File berekstensi .php akan ditangani
secara berbeda. Web server akan mulai
bekerja apabila berada di luar lingkungan kode HTML. Oleh karena itu, server
akan melewati semua content yang
berisi kode HTML, CSS, JavaScript, Simple Text di browser tanpa di
interpretasikan di server.
Penulisan skrip PHP memiliki aturan
sebagai berikut:
a.
Diawali <?Php
dan di akhiri ?> atau diawali <? Dan diakhiri ?>
b.
<script
language=”php”> dan </script>
c.
<% dan%>
d.
Scrip PHP
bersifat case-sensitive, sehingga
penulisan huruf besar dan kecil pada scrip PHP harus di perhatikan. Untuk nama
identifier yang di buat oleh programmer (berupa variable, konstanta, fungsi
dll), sedangkan yang noncase-sensitive
untuk built-in dari PHP
3.6.4
Kelebihan
PHP
PHP(Hypertext Procesoor) mempunyai
beberapa kemampuan yang merupakan salah satu kelebihan PHP. Kemampuan tersebut
antara lain:
- Cara koneksi dan query database yang sederhana.
- Dapat bekerja pada sistem operasi
berbasis windows, linux, Mac OS, dan kebanyakan varian UNIX.
- Biaya yang dibutuhkan untuk
menggunakan PHP tidak mahal, atau bahkan gratis.
- Mudah digunakan karena memiliki
fitur dan fungsi khusus untuk membuat web dinamis. Bahas permograman PHP
dirancang untuk dapat dimasukan dalam HTML (embedded script).
- Security sistem yang cukup tinggi.
- Waktu eksekusi yang lebih cepat
dibandingkan dengan bahasa pemograman web lainnya berorientasi pada
severside scripting.
- Akses ke sistem database yang lebih
flexibel dan mudah, seperti pada MySql.
Saat ini bahasa PERL
dan CGI saudah ketinggalan jaman sehingga sebagian besar
web programmer banyak beralih ke bahasa server side
scripting yang lebih dinamis seperti PHP. Seluruh aplikasi web dapat dibuat
menggunakan PHP. Kelebihan utama PHP terletak pada kemudahan koneksinya dengan
berbagai sistem database di web. Selain dukungan koneksi sistem datanase yang
cukup beragam, PHP juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan berbagai macam
protocol, seperti: IMAP, NNTP, LLDAP, HTTP, SNMP, CPM, POP3, bahkan HTTP.
Fasilitas lainnya adalah soket
programming, yang dapat digunkan untuk membuat scrip PHP serta menghubungkan komputer pada
sebuah jaringan, sehingga dapat melukuan sharing
data.
3.7 MYSQL
MySQL adalah Relational Database
Management Sistem (RDBMS) yang didistribusika secara gratis di bawah licensi GPL (GeneralPublic License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan
MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat close source atau komersial.
MySQL adalah satu dari sekian banyak sistem
database, merupakan terobosan solusi yang tepat dalam aplikasi database.
Didukung oleh ribuan bahkan jutaan komunitas pengguna di internet yang siap
membantu. Selain itu juga tersedia mailing list dan home page khusus yang
memberikan tutorial serta dokumen lengkap.
3.7.1 Keistimewaan
MySQL
Berikut ini beberapa keistimewaan yamg
dimilki oleh MySQL:
1.
Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagi
sistem operasi diantaranya adalah
seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Amiga, dll.
2.
Open Source
MySQL didstribusikan secara open
source (gratis), di bawah licensi GPL sehingga kita dapat menggunkannya
secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeser pun.
3.
Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user
dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini
memungkin sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan.
4.
Column Types
MySQL memilki tipe kolom yang sangat
kompleks, seperti integer, float, double, char, varchar, text, date, time,
datetime, timestamp, dan year.
5.
Command dan
Functions
MySQL memilki operator dan fungsi yang
secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
6.
Security
MySQL memiliki beberapa lapisan
sekuritas seperti level subnetmask,
nama host, dan izin akses user dengan
sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.
7.
Scalability dan
Limits
MySQL mampu menangani databse dalam
skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5
miliar baris. Selain itu, batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks
pada tipa tabelnya.
8.
Conectivity
MySQL dapat melakukan koneksi dengan client dengan menggunakan protocol
TCP/IP, Unix soket(unix), atau Named Pipes(NT).
9.
Localisation
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan(error
code) pada client dengan
menggunakan lebih dari dua puluh bahasa.
10.
Interface
MySQL memiliki interface terhadap
berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman.
11.
Client dan Tools
MySQL dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk
administrasi database, dan setiap tool yang ada disediakan petunjuk online.
12.
Struktur Table
MySQL memiliki struktur
table yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan database
lainnya semacam ProstgreSQL ataupun Oracle.
3.7.2 Fungsi PHP-MySQL
Fungsi
PHP-MySQL adalah suatu fungsi yang
menjembatani antara PHP sebagai Programming web server, dan MySQL sebagai
database, sehingga data-data yang terdapat pada database MySQL dapat
ditampilkan pada browser. Tabel 2.1 berikut merupakam fungsi-fungsi PHP-MySQL,
yaitu:
Fungsi
|
Kegunaan
|
Penulisan
Umum
|
mysql_affected_rows
|
Menghitung
jumlah record dalam suatu koneksi
|
mysql_affected_rows(x)
|
mysql_close
|
Untuk
menutup koneksi database
|
mysql_close(x)
|
mysql_connect
|
Untuk
mengaktifkan koneksi ke server mysql
|
mysql_connect(host,
user, password)
|
mysql_create_db
|
Berfungsi
untuk membuat database
|
mysql_create_db
(nama_database)
|
mysql_data_seek
|
Untuk
meletakkan posisi pointer
|
mysql_data_seek
(result_ID, nmr_row)
|
mysql_db_query
|
Berfungsi
untuk menuliskan perintah sql berikut dengan database
|
mysql_db_query
(nama_database, perintah sql)
|
mysql_drop_db
|
Untuk
menghapus database
|
mysql_drop_db
(nama_database)
|
mysql_errno
|
Menampilkan
Nomor pesan kesalahan
|
mysql_errno
(link_ID)
|
mysql_error
|
Untuk
menampilkan pesan kesalahan
|
mysql_error
|
mysql_fetch_array
|
Untuk
mengambil nilai per-record dengan sistem nama field table
|
mysql_fetch_array(x)
|
mysql_fetch_field
|
Mengambil
informasi field dari hasil query
|
mysql_fetch_field(x)
|
mysql_fetch_lengths
|
Mencari
panjang setiap field dari hasil query
|
mysql_fetch_lengths(x)
|
mysql_fetch_object
|
Berfungsi
untuk mengambil nilai per-record dengan sistem object
|
mysql_fetch_object(x)
|
mysql_fetch_row
|
Berfungsi
untuk mengambil nilai per-record dengan sistem urutan index dari suatu field
|
mysql_fetch_row(x)
|
mysql_fetch_name
|
Berfungsi
untuk menentukan nama field dari hasil query
|
mysql_fetch_name
(result_ID, field_index)
|
mysql_fetch_seek
|
Untuk
meletakkan pointer field offset yang ditunjuk
|
mysql_fetch_seek
(result_ID, field_offset)
|
mysql_fetch_table
|
Berfungsi
untuk menentukan nama table dari field yang ditunjuk
|
mysql_fetch_table
(result_ID, field_offset)
|
mysql_fetch_type
|
Berfungsi
untuk menentukan nama field yang ditunjuk
|
mysql_fetch_type
(result_ID, field_offset)
|
mysql_free_result
|
Berfungsi
untuk menghapus hasil query dari memori
|
mysql_free_result
(result_ID)
|
mysql_get_client_info
|
Berfungsi
untuk mendapatkan informasi client MySQL
|
mysql_get_client_info(x)
|
mysql_get_host_info
|
Berfungsi
untuk mendapatkan informasi host MySQL
|
mysql_get_host_info(x)
|
mysql_get_server_info
|
Berfungsi
untuk mendapatkan informasi server MySQL
|
mysql_get_server_info(x)
|
mysql_insert_id
|
Untuk
mendapatkan ID dari operasi insert sebelumnya
|
mysql_insert_id(x)
|
mysql_num_fields
|
Berfungsi
untuk menentukan jumlah field dari hasil query
|
mysql_num_fields(x)
|
mysql_num_rows
|
Berfungsi
untuk menentukan jumlah record atau baris dari hasil query
|
mysql_num_rows(x)
|
mysql_pconnect
|
Berfungsi
untuk melakukan koneksi ke server mysql secara persistem
|
mysql_pconnect
(host, user, password)
|
mysql_query
|
Berfungsi
untuk memasukkan perintah sql
|
mysql_query(x)
|
mysql_result
|
Berfungsi
untuk mengambil data dari perintah query
|
mysql_result
(result_ID, row)
|
mysql_select_db
|
Berfungsi
untuk mengaktifkan database
|
mysql_select_db
(nama_database)
|
mysql_tablename
|
Berfungsi untuk mendapatkan nama table
dari suatu kolom
|
mysql_tablename (x)
|
mysql_unbuffered_query
|
Untuk mengirim perintah SQL ke server,
tanpa menampilkan hasil
|
mysql_unbuffered_query(x)
|
Tabel 2.1 Fungsi-fungsi PHP-MySQL
3.7 Alat bantu yang digunakan dalam
perancangan aplikasi
Dalam
merancang aplikasi terdapat alat-alat bantu yang dapat digunakan untuk
mempermudah dalam merancang suatu aplikasi yaitu :
1. Diagram
Konteks (Context Diagram) Diagram konteks adalah sebuah diagram
sederhana yang menggambarkan hubungan antara entity luar, masukan, dan keluaran
dari sistem. Diagram konteks direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang
mewakili keseluruhan sistem. (Kristanto, 2003).
2. Data
Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) merupakan gambaran keseluruhan kerja sistem secara garis besar. Beberapa simbol yang digunakan adalah :
Data Flow Diagram (DFD) merupakan gambaran keseluruhan kerja sistem secara garis besar. Beberapa simbol yang digunakan adalah :
Menunjukkan kesatuan luar ( eksternal )
|
Menunjukkan Proses
|
Menunjukkan aliran atau arus data
|
Menunjukkan Penyimpanan data atau basis data
|
Gambar 3.7
Simbol Data Flow Diagram (Krisyanto,2003)
3.
Entity
Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram adalah model konseptual yang
mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan data atau file data. Simbol-simbol
yang digunakan dalam Entity Relationship Diagram ada pada tebel berikut:
1) Entity Suatu obyek yang dapat didefinisikan dalam
lingkunagn pemakai dalam konteks sistem yang telah dibuat. Entity digunakan
atau digambarkan persegi empat.
2) Atribut Elemen-elemen yang ada dalam entity dan fungsi.
Atribut mendeskripsikan karakter entity. Atribut digambarkan dengan simbol
elips.
3) Hubungan Hubungan ini dinamakan relationship atau relasi.
Hubungan harus dibedakan antara hubungan bentuk antara entity dengan isi dari
hubungan ini sendiri. Hubungan
digambarkan dengan simbol ketupat.
4) Garis Digunakan untuk menghubungkan entity dengan entity
manapun entity dengan atribut.
Menunjukkan Entity
|
Menunjukkan Atribut
|
Menunjukkan Hubungan
|
Menunjukkan Garis
|
Gambar
2.4 Entity Relationship Diagram (Jogiyanto, 2001)
Untuk BAB III, IV Itu Tergantung Anda Sendiri..
Komentar
Posting Komentar