APLIKASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK N 1 KECAMATAN LUAK ANDALEH MENGGUNAKAN PHP 1.7.4

APLIKASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK N 1 KECAMATAN LUAK ANDALEH
MENGGUNAKAN PHP 1.7.4


LAPORAN KERJA PRAKTEK
                                                               
Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat – Syarat
Dalam Memperoleh gelar Sarjana Teknik
Pada Jurusan Teknik Informatika/ S1





FUJI KURNIAWAN
2012610030





JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
2015


KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puji dan syukur bagi Allah SWT,  atas segala kemudahan penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek ini dengan judul “Aplikasi Pendaftarab Siswa Baru di SMK N 1 Kecamatan Luak Andaleh Menggunakan PHP 1.7.4”.
 Laporan kuliah kerja praktek lapangan ini disusun dan dikerjakan berdasarkan pelaksanaan kerja praktek yang telah penulis lakukan di SMKN 1 Kecamatan Luak, pada tanggal 03 Agustus 2015 sampai 03 September 2015. Selama penulisan laporan ini, penulis tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak.Untuk itu melalui tulisan ini penulis ingin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang kepada :

1.      Allah SWT yang telah berperan Penting dalam penyelesaian pembuatan laporan ini.
2.      Kedua orang Tua tercinta yang selalu memberikan Do’a dan kasih sayang.
3.      Bapak Rektor Institut Teknologi Padang.
4.      Dekan Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang.
5.      Ketua Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Padang.
6.      Bapak Busran MT, M.Komselaku pembimbing yang telah memberikan bimbingan, motivasi,bantuan serta petunjuk dalam pembuatan laporan ini.
7.      Ibu Eva Yulianti, M.Sc selaku pembimbing Akademik (PA) yang telah memberikan bimbingan dan motivasi selama mengikuti perkuliahan di jurusan Teknik Informatika.
8.      Bapak Drs. H. Deri Nofia, M.M.Pd, Bapak Drs. Reksa Wirama, Bapak Febrio Yunaidi, M.Kom dan Ibuk Suherni Hasan, S.Kom dan seluruh karyawan majelis guru SMKN 1 Kecamatan Luak yang telah menerima dan membantu terselesainya Kerja Praktek ini.
9.      Abang, kakak, adik serta rekan-rekan TI 012 yang telah memberi dukungan pada penulis dalam melaksanakan Kerja Praktek.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan ini dikarenakan penulis yang masih kurang pengalaman, ilmu dan pengetahuan. Semoga ini menjadi pengalaman yang berharga bagi penulis dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

Wassalamua’alaikum, Wr. Wb.



Padang,   Agustus 2015



FUJI KURNIAWAN


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, perkembangan teknologi semakin  hari semakin meningkat dan pembangunan dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan agar lebih berdaya guna sehingga sumber daya manusia yang diciptakan dapat ikut berpartisipasi dalam meningkatnya kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu menyebabkan manusia terus berusaha untuk menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan banyak hal secara cepat dan efisien terutama dalam bidang pengolahan data dan informasi.
SMK N 1 Kecamatan Luak Andaleh merupakan salah ssatu sekolah yang terletak di Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat, dimana sekolah ini masih menggunakan cara yang manual dalam penerimaan siswa baru, sebagai salah satu sekolah yang berakreditasi B, untuk mendapatkan siswa yang unggul, berprestasi, dan berkualitas dalam bidang pendidikan maka proses penerimaan baru harus dimaksimalkan.
Dilihat dari segi pengolahan data dan informasi SMK N 1 Kecamatan Luak memanfaatkan sistem komputerisasi, tetapi hanya dibagian tertentu saja, seperti dalam membuat laporan yang berhubungan dengan sekolah dan data - data siswa yang masih menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Exel. Sehingga laporan datasiswa tahunan ajaran baru tersebut, mengakibatkan sering terjadinya kesalahan. Akibatnya informasi yang dihasilkan dalam bentuk laporan data siswa tahun ajaran tidak jelas, tidak akurat dan apabila ada data lama yang di butuhkan akan sulit menemukannya kembali karena belum adanya suatu  usaha menjadikan komputer sebagai media arsip dan belum adanya sistem pengolahan data yang khusus.
Oleh sebab itu untuk mengatasi persoalan tersebut maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menangani pengolahan data penerimaan siswa baru, dengan adanya sistem penerimaan siswa baru dapat mempermudah kerjaan penitia yang bersangkutan, dengan adanya sistem penerimaan siswa baru dapat membuat data menjadi akurat, efisient dan efektif.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengangkat masalah ini dalam laporan kerja praktek yang berjudul “APLIKASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SMK NEGERI 1 KECAMATAN LUAK MENGGUNAKAN PHP 1.7.4”
Dengan aplikasi ini, penitia pendaftaran akan menyalin secara langsung data-data yang diberikan oleh calon siswa baru melalui formulir  pendaftaran kedalam aplikasi tersebut, dan tidak perlu mencatatnya didalam buku registrasi. Dan aplikasi ini  diharapkan  bisa  membantu penitia pendaftaran dalam mengolah  data calon siswa baru, dan bisa membantu pihak Tata Usaha  dalam mengolah data siswa baru. Dan juga mempermudah  pencarian data-data siswa yang telah tersimpan dalam aplikasi ini, yaitu dengan memanggil kode-kode tertentu  yang telah ditetapkan.

1.2              Rumusan Masalah
Sesuai dengan judul yang diambil dalam laporan ini, maka berdasarkan penelitian yang dilakukan dibuatlah rumusan masalah yaitu sebagai berikut :
1.      Pendaftaran siswa baru yang ada saat ini masih dilakukan secara manual dengan  
mencatat setiap data calon siswa kedalam buku besar dan menyimpannya didalam ruangan yaitu berisi dokumen-dokumen lain sekolah sehingga tercampur, dan itu pun akan memperlambat pencarian data setiap siswa jika data tersebut diperlukan.
2.      Proses seleksi calon siswa yang akan diterima pada tahap awal mengalami
kendala yaitu panitia harus mendata kembali setiap calon siswa beserta Nilai akhir ujiannya lalu dirata-ratakan dengan menggunakan alat hitung manual yang dapat mengakibatkan kesalahan dalam hasilnya dan didalam laporannya pun harus mendata kembali siswa yang diterima dan ditolak.

1.3              Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis merasa perlu untuk membatasi masalah yang akan dibahas agar pada penyusunan laporan ini dapat lebih terarah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Adapun masalah yang dibahas dalam laporan ini hanya dibatasi pada :
1.      Pembahasan yang akan dibahas dalam proses penerimaan siswa baru meliputi
proses pendaftaran dan tahap penyeleksian berdasarkan nilai rapor saja.
2.      Dalam proses penerimaan siswa baru ini tidak membahas proses pembayaran uang sekolah, pembagian kelas,dan lain-lain.

1.4              Tujuan Kerja Praktek
1.   Memenuhi matakuliah kerja praktek sebagia salah satu syarat kelulusan dari Program S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang.
2.    Mengetahui bagaimana alur Aplikasi Peneriman Siswa Baru yang telah berjalan di SMKN 1 Kecamatan Luak.
3.   Dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan dengan kejadian-kejadian dilapangan sebagia objek penerapan teori. Khususnya menyangkut dengan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru di SMK N 1 Kecamatan Luak.
                                             
1.5              Manfaat Kerja Praktek
Diharapkan dari kerja praktek ini dapat membawa manfaat diantaranya:
1.    Dapat meningkatkan wawasan mahasiswa terhadap kondisi nyata instansi dan   dapat menambah kemampuan, serta keyakinan akan ilmu dan teknologi yang diperoleh dari perkuliahan.
2.    Dapat memahami cara kerja dari penginputan data pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru di SMKN 1 Kecamatan Luak.

 BAB II
PROFILE SMK N 1 KECAMATAN LUAK
SMK Negeri 1 Kecamatan Luak diproyeksikan untuk menjadi SMK Besar Berstandar Internasional, anak didik berpraktek diberbagai Instansi baik swasta maupun pemerintah bahkan untuk Program Study tertentu.
2.1       Sejarah Sekolah
            Cikal bakal berdirinya SMKN 1 Kecamatan Luak adalah atas prakarsa bapak Fasli Jalal yang meresmikan sanggar kegiatan belajar di Andaleh. Maka sanggar kegiatan belajar itu menuntun masyarakat dalam kegiatan masak memasak. Kegiatan itu berkembang menjadi proses belajar mengajar yang muridnya dari nagari-nagari sekeliling Andaleh. Pada waktu itu, SMK masih bisa dikatakan hanya menumpang di SD 01 Andaleh dengan kepala sekolahnya ibuk DR A. Sesmarni . Maka perkembangan ini mendapatkan dukungan positif oleh pemerintah nagari Andaleh.

            Hal tersebut membuat pemerintah andaleh mengutus aparatnya untuk menghadap kepala dinas Kabupaten Limapuluh Kota, maka petunjuk dari Kepala Dinas yaitu menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah nagari. Pemerintah nagari membentuk panitia pendirian SMK yang terdiri dari:
Hal tersebut membuat pemerintah andaleh mengutus aparatnya untuk menghadap kepala dinas Kabupaten Limapuluh Kota, maka petunjuk dari Kepala Dinas yaitu menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah nagari. Pemerintah nagari membentuk panitia pendirian SMK yang terdiri dari:

1. Ketua          :Desembri Chaniago
2.Sekretaris     :Dra. Indrawati
3.Bendahara    :Asnimar S,pd.

            Maka panitia berusaha keras mencari ke nagari-nagari di sekitar Andaleh. Antara lain nagari taram, subarang aia, batu payung, balai panjang, mungo dan sungai kamuyang.
Pada waktu itu di SMK tertampung murid sebanyak 17 orang laki-laki dan perempuan.
Pada tahun kedua peminat SMK ini makin bertambah, sehingga dapat menampung murid 70 orang. Dengan bertambah banyaknya murid yang mendaftar, jadi SMK ini sudah memiliki murid kelas 1,2 dan 3. Juga terdapat 4 ruangan pada pembangunan pertama tepatnya pada tahun 2009, yaitunya 3 untuk ruangan belajar dan 1 ruangan majelis guru.
            Dan pada tahun-tahun berikutnya, SMK semakin banyak menampung murid-muridnya. Setiap tahun berjalan, setiap tahun juga murid-murid SMKnya semakin bertambah.
Tidak hanya murid yang bertambah, fasilitas yang disediakan pun semakin banyak dan semakin bertambah. Pada tahun 2015 ini, SMKN 1 Kecamatan Luak ini telah mempunyai 439 siswa dan juga memiliki 1 ruangan kantor majelis guru, 1 ruangan TU, 1 ruangan kepala sekolah, 1 ruangan wakil kepala sekolah, 4 labor jurusan, 1 ruangan pustaka, 1 gedung mushollah, 18 ruangan belajar siswa, 5 ruangan wc, 1 area lapangan basket dan futsal, 1 area lapangan volly, 1 area lapangan badminton, 1 area parkir, 1 area lapangan upacara dan juga tersedia 5 area kantin.

Gambar 1.1 kantor sekolah smk
Di tahun 2015 ini , SMKN 1 Kecamatan Luak ini mempunyai 6 (enam) program study (prody):
1.      Jurusan Multimedia                                   (Akreditasi B )
2.      Jurusan Teknik Kendaraan Ringan           (Akreditasi B)
3.      Jurusan Tata Busana                                 (Akreditasi B)
4.      Jurusan Pemasaran                                    (Akreditasi B)
5.      Jurusan Jasa Boga                                     (Belum TerAkreditasi)
6.      Jurusan Teknik Sepeda Motor                  (Belum TerAkreditasi)
2.4       Identiitas Sekolah
1.      ID Data Pokok                                    : 08080220001
2.      NPSN                                      : 10304430
3.      ID UN                                     : 08-10-003
4.      NSS                                         : 401130808005
5.      Nama Sekolah                         : SMK Negeri 1 Kecamatan Luak
6.      Status Sekolah                                    : Negeri
7.      Jalan                                        : Jorong Kapolo Koto Andaleh
8.      Desa                                        : Andaleh
9.      Kecamatan                              : Luhak
10.  Kab/Kota                                : Kabupaten Lima Puluh Kota
11.  Provinsi                                   : Sumatera Barat
12.  Kode Pos                                : 26262
13.  Program Keahlian / Jurusan    :
1.      Pemasaran
2.      Tata Busana
3.      Teknik Kendaraan Ringan
4.      Multimedia
5.      Teknik Sepeda Motor
6.      Jasa Boga
14.  SK/Izin Pendirian Dari           : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
15.  Nomor SK                               : 477/BLK-2008
16.  Tanggal SK                             : 08-07-2008
17.  Akreditasi                               : B
18.  Titik koordinat sekolah           : Garis Lintang 0.24457 S, Garis Bujur 100.68688 T
19.  Akses Internet                         : Ada
20.  Katagori Sekolah                    : Sedang (13 Rombel)
21.  Luas Tanah Seluruh                : 15230 M²
22.  Luas Bangunan                       : 2350 M²
23.  Status Tanah                           : Hak Milik
24.  Penanda Tanganan SK            : Bupati
25.  Tahun Berdiri                          : 02 April 2008
26.  Status                                      : Terakreditasi
27.  Kepala Sekolah                       : Drs. H. Deri Nofia, M.M.Pd
28.  NIP                                         : 19631030 199003 1 003
29.  Jenis Kelamin                          : Laki – Laki
30.  Pangkat/golongan                   : Pembina / IV A
31.  Alamat Rumah                        : Jorong Ampah Gadang Kenagarian VII koto Talago
                                                  Guguak
32.  Nomor HP                               : 081363342270

Arti makna lambang SMKN 1 Kecamatan Luak:
1.      Segi Lima
-          Arti dari segilima melambangkan Dasar Negar ( Pancasila ).

2.      Warna Hitam, Kuning, Merah
-          Arti dari warna hitam, kuning, dan merah melambangkan 3 (tiga) tungku sejarangan yaitu 3 (tiga) Luak :
-          Luak Nan Tuo
-          Luak Agam
-          Luak Nan Bungsu

3.      Warna Hijau
-          Arti dari warna hijau melambangkan SMK N 1 Kecamatan Luak ini di kelilingi oleh kehijauan.

4.      Makna semua Warna
-          .Makna semua warna melambangkan di SMK N 1 Kecamatan Luak ini terdiri dari program keahlian dan di julukilah dengan sebutan kampus pelangi.
-          Makna dari kampus pelangi ini termotivasi dari film laskar pelangi.
5.      Makna tulisan SMK Negeri 1 Kecamatan Luak dan Lima Puluh Kota
-          Melambangkan SMK Negeri 1 Kecamatan Luak terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota.

6.       Lambang Mesin Jahit
-          Melambangkan program keahlian Tata Busana

7.      Lambang Gedung
-          Melambangkan pusat bisnis program tata niagara bisnis manajemen program kompetensi keahlian pemasara
8.      Lambang Komputer dan Kamera Video
-          Melambangkan program study teknik informatika dan informasi program kealian multimedia.

9.      L;ambang gerigi
-          Melambangkan program studi keahlian rekayasa program keahlian otomotif
10.  Di atas lambang 4 tadi ada buku sedang terbuka dan dibelakang buku ada lambang bola dunia makna dari buku dan bola dunia yaitu:
-          Melambangkan dengan berbagai program keahlian lulusan smk n 1 kecamatan luak ini mampu bersaing di dunia usaha dan industri baik skala dalam negri maupun internaasional.
11.  Padi dan kapas
-          Melambangkan dengan menuntut ilmu di smk  n 1 kecamatan luak. Lulusan itu mampu membuat kesajahteraan baik itu dirinya sendiri dan bagi masyarakan, dan mampu menciptakan lapangan kerja.

2.2       Visi dan Misi serta Tujuan Satuan Pendidikan

2.2.1    Visi
Terwujudnya perserta didik yang cerdas, terampil, kompetitif, beriman dan
bertaqwa.

            2.2.2    Misi
-          mewujudkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan,.
-          Mewujudkan perangkat pembelajaran yyang relevan, lengkap dan mutakhir.
-          Mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
-          Mewujudkan sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dan relevan.
-          Mewujudkan kegiatan ekstra kurikuler berdasarkan kebutuhan,potensi, bakat, dan minat peserta didik.mewujudkan kompetensi kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan, potensi bakat dan minat peserta didik.
-          Mewujudkan kerjasama dengan pihak dunia usaha / dunia industri (DU/DI)
-          Mewujudkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan , serta peserta didik menguasai bahasa inggris dan teknologi informasi.
-          Mewujudkan warga dan lingkungan sekolah yang sehat.
-          Mewujudkan kegiatan  keagamaan di sekolah.
-          Mewujudkan nilai agama dalam kehidupan sehari - hari bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
2.2.3    Tujuan
-          Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu berkerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilih
-          Menyiapkan peserta didik agar mampu memlih karier, ulet dan gigih dalam berkopetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.





2.3       Struktur Organisasi










Gambar 1.3 Struktur Organisasi

2.3.1          Deskripsi Kerja
Adapun beberapa deskripsi tugas dari struktur organisasi yang terlibat dalam penerimaan siswa baru yaitu :
1. Kepala Sekolah Tugasnya yaitu :
a. Mengelola proses belajar mengajar
b. Mengelola manajemen sekolah
c. Mengelola administrasi sekolah
2. Tata Usaha
Tugasnya yaitu menyusun seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan administrasi sekolah.
3. Wakasek kurikulum Tugasnya yaitu :
a. Menyusun program pengajaran
b. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal belajar
c. Menyusun kalender akademik
d. Menetapkan criteria kenaikan dan kelulusan
4. Wakasek sarana Tugasnya yaitu :
a. Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
b. Memantau kondisi nyata sarana prasarana
c. Menyusun program kegiatan
5.  Wakasek kesiswaan Tugasnya yaitu :
 a. Menyusun program pembinaan kesiswaan
b. Mengkoordinasi kegiatan ekstrakulikuler
c. Melaksanakan seleksi calon siswa teladan penerima beasiswa
6.  Wakasek kesiswaan Tugasnya yaitu :
a.  Menyusun program hubungan kemasyarakatan
b. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan eksternal sekolah
c. Mengatur penyelenggaraan rapat
7. Guru KA. Prog Jurusan Tugasnya yaitu :
a. Menyusun program dan penjadwalan pengelolaan kelas
b. Menyelenggarakan administrasi kelas
c. Penanggung jawab di kelas

BAB III
LANDASAN TEORI
3.1       Konsep Dasar Perancangan Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintergrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah data, lembaran kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolahan data, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkkan pengguna untuk memperlajari dan menggunakan tiap aplikasi, sering kali mereka memilikii kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar erja dapat dibennamkan dalam suatu dokumen pengolahan data walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:
1.      Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
2.      Perangkat lunak informasi kerja
3.      Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
4.      Perangkat lunak media dan hiburan
5.      Perangkat lunak pendidikan
6.      Perangkat lunak pengembangan media
7.      Perangkat lunak rekayasa produk
Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya, aplikasi merupakan suatu perangkat komputer yang siap pakai bagi user.
3.2       Definisi Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru adalah menerima siswa baru dengan melakukan pendaftaran dan persyaratan yang telah di beritahukan oleh lembaga pendidikan dan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dalam rangka memperoleh hak-hak sebagai warga Negara (Jaelani, 2011:31).
3.2.2    Definisi Siswa
Siswa atau peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu, mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketerampilan,berpengalaman, berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri (Prasetyo, dkk, 2013:7).
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa adalah sekelompok orang dengan usia tertentu yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
3.2.3    Definisi Siswa Baru
Siswa baru adalah calon siswa yang akan masuk ke sebuah lembaga utamnya adalah belajar dalam memasuki lingkungan baru dengan melakukan pendaftaran yaitu dengan cara melakukan pengisian formulir pendaftaran dan pengisisan data serta melakukan pembayaran registrasi siswa baru (Jaelani, 2006:36).

3.3       Definisi Database

Menurut Mustakini, Basis data (database) adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
Dari definisi di atas terdapat tiga hal yang berhubungan dengan basis data (database), yaitu sebagai berikut :
1.      Mengembangkan ilmu penegetahuan dan teknologi, seni serta budaya yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pada zamanya.
2.      Membangun kesadaran keilmuan dan tradisi akademik yang kuat dan mengakar.
3.      Membangun kesadaran keilmuan dan tradisi akademik yang kuat dan mengakar.
4.      Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk basis data (database).
5.      Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data tersebut. Simpanan ini merupakan bagian teknologi perangkat keras yang digunakan di sistem informasi. Simpanan permanen yang umumnya digunakan berupa hard disk.
6.      Perangkat lunak untuk memanipulasi basis datanya. Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahas pemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak ini disebut dengan DBMS (Data Base Management System).
3.3.1    Istilah-Istilah Database
Beberapa terminology dalam database diantara lain :
1.      Basis data (Database) adalah Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
2.      Data adalah fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.
3.      Tabel adalah Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record
4.      Field biasa disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data
5.         Record biasa disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom / field.
Input Data dapat dikelompokkan menjadi 3, antara Data master meliputi : data pencari kerja, dan data lowongan kerja.
1.      Data transaksi meliputi : penempatan tenaga kerja, status pencaker, status lowongan kerja, rekapitulasi ke IPK kab/ kota dan rekapitulasi ke IPK provinsi.
2.      Table referensi meliputi : table-tabel pendukung untuk data master dan transaksi
3.3.2    Rancanagan Database
Rancangan database adalah sebagai kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence
3.3.3    Desain Database
Desain database Dibuata setelah melakuka analisa terhadap data yang ada pada penerimaan mahasisiwa baru sebagai objek prototype program sisite data warehouse dan data maining sebagai tool pengukur kinerja.
3.4       Pengertian XAMPP
XAMPP merupakan paket yang berbasis Open Source yang dikembangkan oleh sebuah komunitas Open Source. Dengan menggunakan XAMPP tidak perlu melakukan penginstalan program-program yang lain, karena semua kebutuhan telah disediakan oleh XAMPP. Berikut ini versi XAMPP yang terdiri dari yaitu :
-          Apache 2..2.14 (IPv6 enambled) + openSSL 0.9.18
-          MySQL  5.1.41 + PBXT engine
-          PHP 5.3.1
-          phpMyAdmin 3.2.4
-          Perl 5.10.1
-          FileZilla FTP Server 0.9.33
-          Marcury mail  Transport System 4.72
3.4.1                     Apache
sudah berkembang sejak versi pertamanya. Sampai saat ditulisnya artikel ini versi terkahir  yang ada yaitu Apache  ver 2.2.41 Apache bersifat open source, artinya setiap  orang boleh menggunakannya, mengambil  dan bahkan mengubah kode programnya. Tugas utama Apache  adalah menghasilkan halamn web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP  yang ditulikan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
3.4.2                  MySQL
Perkembangan disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa tertruktur yang khusus digunakan untuk mengolah database. SQL pertama kali didefinisikan oleh Amerika National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1986. MySQl adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source . MySQL adalah pasangan serasi dari PHP. MySQL dibuat untuk membuat dan mengolah database berserta isinya kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL merupakan sistem menajemen database yang bersifat at relational. Artinya  data – data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang  terpisah sehingga menipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat. MySQL  dapat digunakan untuk mengolah database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankanperintah – perintah  Structured Query Language (SQL) untuk mengolah database yang ada didalamnya. Hingga kini, MySQL  sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 mendukung trigger untuk memudahkan pengolahan tabel  dalam database.
3.4.3                  PHP
Bahasa pemograman PHP merupakan bahasa pemograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang  bersifat dinamis. PHP dapat dijalankan pada berbagai macam Operating System (OS) misalnya Windows, Linuk dan Mac OS. Selain Apache, PHP mendukung beberapa web server lain, misalnya Microsoft Acces, Interbase, d-Base, PostgreSQL dan  sebagainya, hingga kini PHP  sudah berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh  Object Oriented Programing (OOP), integrasi XML, mendukung ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan  lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan  web server lainnya PHP juga bersifat  open source sehingga semua orang dapat menggunakan dengan gratis.


3.4.4                  phpMyAdmin
pengolahan database denganMySQL  harus dilakukan dengan mengetikkan barisan – barisan perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika anda ingin membuat database, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat database. Jika kita ingin menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel.hal tersebut tentu  cukup menyulitkan karena kita harus hafal dan mengetikkannya perintahnya satu persatu. Banyak sekali prangkat lunak yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah database dalam MySQL , salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah tampa harus hafal perintahnya. Untuk mengaktifkan phpMyAdmin langkah-langkahnya adalah : yang pertama setelah XAMPP kita terinstall, kita harus mengaktifkan web server Apache dan MySQL dari control panel  XAMPP. Yang kedua, jalankan  browser kesayangan Anda(IE, Mozilla Firefox atau Opera). Lalu ketikkan  alamat web berikut http://localhost/phpMyAdmin/ pada address bar lalu  tekan Enter. Langkah  ketiga  apabila  telah nampak interface (tampilan antar muka) phpMyAdmin anda bisa memulainya  dengan  mengetikkan nama database, nama tabel, dan seterusnya. 
3.5      Pengertian Adobe Dreamweaver CS3
Adobe Dreamweaver adalah program yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software Dreamweaver dikeluarkan oleh Adobe System. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pemogrammer, desainer dan developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini.
Adobe Dreamweaver menyediakan fitur editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya disebut DesignView. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web.
 Dengan segala fitur yang ada pada Adobe Dreamweaver, membuat suatu web bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu menguasai berbagai macam bahasa pemograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena alat otomatis.
Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 3 macam tampilan yaitu, Code View, Design View dan Split View. Code View cocok untuk para programmer yang biasa dengan kode kode programman web. Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual. Jika memilih Split View.
Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai macam kegunaan yaitu :
Ø  Untuk mendesain situs web
Ø  Untuk membuat program berbasis web
Ø  Untuk membuat templeat blog
Ø  Untuk membuat situs web tampa bersentuhan langsung dengan bahasa pemograman.

3.5.1                     Sejarah Adobe Dreammever
Dahulunya, program ini bernama Macromedia Dreamweaver. Versi pertamanya dirilis pada Desember 1997 dengan nama Macromedia Dreamweaver 1.0 untuk sistem operasi Mac. Kemudian pada maret 1998, muncul versi pertama untuk sistem operasi windows yaitu Macromedia Dreamweaver 1.2.
Mecromedia Dreamweaver terus berkembang sampai dengan tahun 2005 dengan versi terbarunya yaitu Mecromedia Dreamweaver 8. Kemudian Dreamweaver diambil ahli oleh Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Dreamweaver. Pada tahun 16 April 2007, Dreamweaver mengeluarkan versi terbarunya denga nama Adobe Dreamweaver CS3.
Dengan hadirnya HTML5, dreamweaver kembali merilis versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS5.5 sedangkan sekarang ini, versi terakhir Dreamweaver adalah Dramweaver CC yang dirilis pada 21 April 2012.
3.5.2                     Kelebihan Adobe Dreamweaver
            Dreamweaver memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dreamweaver:
Ø  Dapat membuat karangka website dengan mudah dan cepat
Ø  Tersedia berbagai macam tema/ templeat memiliki 3 tampilan yaitu Code View, Design View, dan Split View
Ø  Memiliki Fitur Preview/Live View
Ø  Kode yang dihasilkan ditulis dengan rapi
Ø  Memiliki alat alat khusus untuk membuat program berbasis web
Ø  Mudah dioperasikan oleh pemula
Ø  Memiliki banyak plugin

3.5.3                     Kekuarangan Adobe Dreamweaver
Selain memiliki kelebihan. Dreamweaver juga memiliki kerugian. Berikut ini kekurangan dreamweaver Harga software original-nya mahal
3.6       Pengertian PHP (Personal Home Page)
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. Dalam hal pembuatan aplikasi berbasiskan web ini PHP merupakan bahasa pemogramannya dan HTML atau WML sebagai pembangun halaman webnya.
3.6.1                    Fungsi PHP Dalam Pemograman Web
Untuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML (dan CSS) ini dikenalkan dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.
Sebagai perbandingan,  website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyusuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user,memproses from,dll.
Untuk pembuatan web, kode PHP biasanya disisipkan kedalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemograman script.

3.6.2                    Sejarah PHP
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyakpemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objekke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
Versi terbaru dari bahasa pemograman PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi dirilis pada tanggal 18 Desember 2014.
3.6.3                    Dasar Pemrograman PHP
Scrip php disimpan sebagai plain text dalam format ASCII, yang memungkin scrip PHP dapat di tulis di hampir semua editor text, seperti: notepad, wordpad, dan lain-lain. Scrip PHP adalah kode yang disertakan di sebuah HTML dan kode tersebut di jalankan oleh server yang akan dieksekusi sebelum dikirim ke browser.
Contoh file PHP (contoh.php):
<hrml>
<?
Print(“PHP Terpasang dalam HTML”);
?>
</html>
Pada file .html, HTTP server hanya melewatkan content dari file menuju ke browser. Server tidak mencoba mengerti atau memroses file karena itu adalah tugas sebuah browser untuk melakukan kompilasi hasil program.
File berekstensi .php akan ditangani secara berbeda. Web server akan mulai bekerja apabila berada di luar lingkungan kode HTML. Oleh karena itu, server akan melewati semua content yang berisi kode HTML, CSS, JavaScript, Simple Text di browser tanpa di interpretasikan di server.
Penulisan skrip PHP memiliki aturan sebagai berikut:
a.       Diawali <?Php dan di akhiri ?> atau diawali <? Dan diakhiri ?>
b.      <script language=”php”> dan </script>
c.       <% dan%>
d.      Scrip PHP bersifat case-sensitive, sehingga penulisan huruf besar dan kecil pada scrip PHP harus di perhatikan. Untuk nama identifier yang di buat oleh programmer (berupa variable, konstanta, fungsi dll), sedangkan yang noncase-sensitive untuk built-in dari PHP
3.6.4                    Kelebihan PHP
PHP(Hypertext Procesoor) mempunyai beberapa kemampuan yang merupakan salah satu kelebihan PHP. Kemampuan tersebut antara lain:
  1. Cara koneksi dan query database yang sederhana.
  2. Dapat bekerja pada sistem operasi berbasis windows, linux, Mac OS, dan kebanyakan varian UNIX.
  3. Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan PHP tidak mahal, atau bahkan gratis.
  4. Mudah digunakan karena memiliki fitur dan fungsi khusus untuk membuat web dinamis. Bahas permograman PHP dirancang untuk dapat dimasukan dalam HTML (embedded script).
  5. Security sistem yang cukup tinggi.
  6. Waktu eksekusi yang lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemograman web lainnya berorientasi pada severside scripting.
  7. Akses ke sistem database yang lebih flexibel dan mudah, seperti pada MySql.
Saat ini bahasa PERL dan CGI saudah ketinggalan jaman sehingga sebagian besar

 web programmer banyak beralih ke bahasa server side scripting yang lebih dinamis seperti PHP. Seluruh aplikasi web dapat dibuat menggunakan PHP. Kelebihan utama PHP terletak pada kemudahan koneksinya dengan berbagai sistem database di web. Selain dukungan koneksi sistem datanase yang cukup beragam, PHP juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan berbagai macam protocol, seperti: IMAP, NNTP, LLDAP, HTTP, SNMP, CPM, POP3, bahkan HTTP. Fasilitas lainnya adalah soket programming, yang dapat digunkan untuk membuat scrip PHP serta menghubungkan komputer pada sebuah jaringan, sehingga dapat melukuan sharing data.
3.7       MYSQL
MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS) yang didistribusika secara gratis  di bawah licensi GPL (GeneralPublic License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat close source atau komersial.
             MySQL adalah satu dari sekian banyak sistem database, merupakan terobosan solusi yang tepat dalam aplikasi database. Didukung oleh ribuan bahkan jutaan komunitas pengguna di internet yang siap membantu. Selain itu juga tersedia mailing list dan home page khusus yang memberikan tutorial serta dokumen lengkap.
            3.7.1    Keistimewaan MySQL
Berikut ini beberapa keistimewaan yamg dimilki oleh MySQL:
1.         Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagi sistem operasi diantaranya  adalah seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Amiga, dll.
2.         Open Source
MySQL didstribusikan secara open source (gratis), di bawah licensi GPL sehingga kita dapat menggunkannya secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeser pun.

3.      Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini memungkin sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan.
4.         Column Types
MySQL memilki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti integer, float, double, char, varchar, text, date, time, datetime, timestamp, dan year.
5.      Command dan Functions
MySQL memilki operator dan fungsi yang secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
6.      Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.
7.         Scalability dan Limits
MySQL mampu menangani databse dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu, batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tipa tabelnya.
8.         Conectivity
MySQL dapat melakukan koneksi dengan client dengan menggunakan protocol TCP/IP, Unix soket(unix), atau Named Pipes(NT).
9.         Localisation
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan(error code) pada client dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa.
10.     Interface
MySQL memiliki interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman.
11.     Client dan Tools
MySQL dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk administrasi database, dan setiap tool yang ada disediakan petunjuk online.
12.     Struktur Table
MySQL memiliki struktur table yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan database lainnya semacam ProstgreSQL ataupun Oracle.

3.7.2 Fungsi PHP-MySQL
            Fungsi PHP-MySQL  adalah suatu fungsi yang menjembatani antara PHP sebagai Programming web server, dan MySQL sebagai database, sehingga data-data yang terdapat pada database MySQL dapat ditampilkan pada browser. Tabel 2.1 berikut merupakam fungsi-fungsi PHP-MySQL, yaitu:
Fungsi
Kegunaan
Penulisan Umum
mysql_affected_rows
Menghitung jumlah record dalam suatu koneksi
mysql_affected_rows(x)
mysql_close
Untuk menutup koneksi database
mysql_close(x)
mysql_connect
Untuk mengaktifkan koneksi ke server mysql
mysql_connect(host, user, password)
mysql_create_db
Berfungsi untuk membuat database
mysql_create_db (nama_database)
mysql_data_seek
Untuk meletakkan posisi pointer
mysql_data_seek (result_ID, nmr_row)
mysql_db_query
Berfungsi untuk menuliskan perintah sql berikut dengan database
mysql_db_query (nama_database, perintah sql)
mysql_drop_db
Untuk menghapus database
mysql_drop_db (nama_database)
mysql_errno
Menampilkan Nomor pesan kesalahan
mysql_errno (link_ID)
mysql_error
Untuk menampilkan pesan kesalahan
mysql_error
mysql_fetch_array
Untuk mengambil nilai per-record dengan sistem nama field table
mysql_fetch_array(x)
mysql_fetch_field
Mengambil informasi field dari hasil query
mysql_fetch_field(x)
mysql_fetch_lengths
Mencari panjang setiap field dari hasil query
mysql_fetch_lengths(x)
mysql_fetch_object
Berfungsi untuk mengambil nilai per-record dengan sistem object
mysql_fetch_object(x)
mysql_fetch_row
Berfungsi untuk mengambil nilai per-record dengan sistem urutan index dari suatu field
mysql_fetch_row(x)
mysql_fetch_name
Berfungsi untuk menentukan nama field dari hasil query
mysql_fetch_name (result_ID, field_index)
mysql_fetch_seek
Untuk meletakkan pointer field offset yang ditunjuk
mysql_fetch_seek (result_ID, field_offset)
mysql_fetch_table
Berfungsi untuk menentukan nama table dari field yang ditunjuk
mysql_fetch_table (result_ID, field_offset)
mysql_fetch_type
Berfungsi untuk menentukan nama field yang ditunjuk
mysql_fetch_type (result_ID, field_offset)
mysql_free_result
Berfungsi untuk menghapus hasil query dari memori
mysql_free_result (result_ID)
mysql_get_client_info
Berfungsi untuk mendapatkan informasi client MySQL
mysql_get_client_info(x)
mysql_get_host_info
Berfungsi untuk mendapatkan informasi host MySQL
mysql_get_host_info(x)
mysql_get_server_info
Berfungsi untuk mendapatkan informasi server MySQL
mysql_get_server_info(x)
mysql_insert_id
Untuk mendapatkan ID dari operasi insert sebelumnya
mysql_insert_id(x)
mysql_num_fields
Berfungsi untuk menentukan jumlah field dari hasil query
mysql_num_fields(x)
mysql_num_rows
Berfungsi untuk menentukan jumlah record atau baris dari hasil query
mysql_num_rows(x)
mysql_pconnect
Berfungsi untuk melakukan koneksi ke server mysql secara persistem
mysql_pconnect (host, user, password)
mysql_query
Berfungsi untuk memasukkan perintah sql
mysql_query(x)
mysql_result
Berfungsi untuk mengambil data dari perintah query
mysql_result (result_ID, row)
mysql_select_db
Berfungsi untuk mengaktifkan database
mysql_select_db (nama_database)
mysql_tablename
Berfungsi untuk mendapatkan nama table dari suatu kolom
mysql_tablename (x)
mysql_unbuffered_query
Untuk mengirim perintah SQL ke server, tanpa menampilkan hasil
mysql_unbuffered_query(x)
Tabel 2.1 Fungsi-fungsi PHP-MySQL
3.7       Alat bantu yang digunakan dalam perancangan aplikasi
Dalam merancang aplikasi terdapat alat-alat bantu yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam merancang suatu aplikasi yaitu :
1. Diagram Konteks (Context Diagram) Diagram konteks adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan antara entity luar, masukan, dan keluaran dari sistem. Diagram konteks direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan sistem. (Kristanto, 2003).

2.   Data Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) merupakan gambaran keseluruhan kerja sistem secara garis besar. Beberapa simbol yang digunakan adalah :



Menunjukkan kesatuan luar ( eksternal )


Menunjukkan Proses



Menunjukkan aliran atau arus data


Menunjukkan Penyimpanan data atau basis data
Gambar 3.7 Simbol Data Flow Diagram (Krisyanto,2003)

3.         Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan data atau file data. Simbol-simbol yang digunakan dalam Entity Relationship Diagram ada pada tebel berikut:
1) Entity Suatu obyek yang dapat didefinisikan dalam lingkunagn pemakai dalam konteks sistem yang telah dibuat. Entity digunakan atau digambarkan persegi empat.
2) Atribut Elemen-elemen yang ada dalam entity dan fungsi. Atribut mendeskripsikan karakter entity. Atribut digambarkan dengan simbol elips.
3) Hubungan Hubungan ini dinamakan relationship atau relasi. Hubungan harus dibedakan antara hubungan bentuk antara entity dengan isi dari hubungan ini  sendiri. Hubungan digambarkan dengan simbol ketupat.
4) Garis Digunakan untuk menghubungkan entity dengan entity manapun entity dengan atribut.



Menunjukkan Entity


Menunjukkan Atribut


Menunjukkan Hubungan



Menunjukkan Garis
Gambar 2.4 Entity Relationship Diagram (Jogiyanto, 2001)

 



 Untuk BAB III, IV Itu Tergantung Anda Sendiri..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AIMP Terbaru 5.02 Build 2365 Final

IDM Terbaru 6.38 Build 18 Final Full Crack

Windows XP Pro Sp3 x86 Integral Edition Februari 2022